Minggu, 31 Juli 2016

Cara Atasi Bunyi Gigi Mundur Karimun Wagon R

Cara Atasi Bunyi Gigi Mundur Karimun Wagon R

Cara Atasi Bunyi Gigi Mundur Karimun Wagon R

Mungkin beberapa pelanggan Suzuki ada yang memperhatikan/mendengar saat gigi perseneling diposisikan R (reverse) terdengar suara "glok" benturan gigi transmisi. Apakah itu merupakan kelainan/cacat produksi ? ataukah hanya faktor human act ?

Ada juga pelanggan yang tidak mau pusing memperhatikan mengenai hal tersebut "saya tidak memperhatikan pernah memperhatikan bunyi itu". Nah bagi Bpk/Ibu yang kebetulan sedang mencari tahu mengapa saat tuas persneling diposisikan R/Mundur kok berbunyi, silahkan simak informasi ini.

Pengetahuan Sederhana :
Karimun Wagon R manual terdapat transmisi Synchromesh yang dilengkapi dengan unit Synchronizer untuk menyamankan perpindahan roda gigi 1,2,3,4,5 (maju) yang akan mengaitkan masing-masing gigi secara lembut. Sedangkan untuk gigi mundur tidak di sinkronkan dengan roda gigi 1,2,3,4,5 alias terpisah supaya tidak bisa langsung di akses dengan tuas pemindah.

Bayangkan saja bila anda dalam kecepatan tinggi lalu salah memindah gigi ke posisi R, pastinya akan terdengar bunyi keras benturan antara gigi-gigi dalam transmisi tersebut.

Biasanya suara "glek/glok" bisa kita dengar saat memindah tuas persneling tanpa menginjak kopling, tapi mengapa kok pada saat mobil belum jalan pun (mesin dingin) bunyi juga terdengar ?

Tips supaya mengurangi bunyi saat memindah gigi saat posisi R (Mundur) dalam keadaan mesin dingin maupun panas :
1. Pastikan pedal kopling diinjak penuh atau tergantung setelan kopling yang sudah pas menurut anda.
2. Pada saat melakukan perpindahan gigi maju (1,2,3,4,5) ke gigi mundur (R/Reverse), usahakan posisi Rpm indicator pada MID, jarum menunjukkan angka kurang dari 1 (x1000RPM).

 Cara Atasi Bunyi Gigi Mundur Karimun Wagon R 

3. Terakhir ini cara mujarab mengatasinya, dari tips nomer 1 dan 2, silahkan anda melakukan jurus ini (berlaku dalam keadaan mesin panas / dingin) :
Injak pedal kopling lalu gerakkan tuas persneling pada posisi gigi 1 atau 3 dulu, kemudian baru anda pindah ke gigi mundur/R. Pasti hasilnya lebih halus dan bunyi nyaris tidak terdengar.

Kesimpulan :
Kejadian bunyi "glok" bukan merupakan kelainan/cacat produksi, sekali lagi BUKAN. Tapi karena pada roda gigi mundur (transmisi Manual) tidak terdapat Synchronizer Ring.

Ini umum terjadi di semua merk mobil tidak hanya di Suzuki, mungkin Bpk/Ibu pemilik Ayla, Agya, Mirage, New Picanto, dll pernah mengalami hal demikian juga ?

Keuntungan tidak adanya Synchronizer pada roda gigi mundur transmisi manual : tidak membahayakan pengemudi dan komponen yang ada didalam unit transmisi.

Demikian semoga bermanfaat, silahkan bila ada dari pembaca yang ingin menambahi atau meluruskan tips mengenai Cara Atasi Bunyi Gigi Mundur Karimun Wagon ini.


copy from http://www.hargamobilsuzukijogja.com/2015/06/cara-atasi-bunyi-gigi-mundur-karimun-karimun-wagon-r-ga-gl-gx-gs-dilago.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar